Festival dan Lomba Kreativitas PAUD Tingkatkan Pertumbuhan Anak

Jumat, 22 Agustus 08:12 Berita Terkini
Festival dan Lomba Kreativitas PAUD Tingkatkan Pertumbuhan Anak

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
20 Agustus 2014
Cibinong

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bogor Dace Supriadi menyampaikan bahwa Kegiatan festival dan lomba kreativitas anak PAUD tidak dapat dilepaskan dari komitmen bersama untuk meningkatkan dukungan terhadap pertumbuhan anak-anak. Hal tersebut ia sampaikan saat membuka Festival dan lomba kreativitas anak PAUD dalam rangka Hari Anak Nasional di Lapangan Tegar Beriman, Komplek Pemda Bogor, Rabu (20/8).

“Melalui kegiatan ini, kita berupaya meningkatkan motivasi anak, baik sebagai pribadi yang kreatif, unggul dan inovatif untuk menghadapi tantangan masa depan serta memiliki kepercayaan diri untuk tampil di hadapan publik”, tandas Dace. Dikatakannya, dengan memberikan wadah yang tepat bagi anak-anak untuk mengembangkan kreasinya, kita bepeluang menumbuhkan iklim yang kondusif bagi perkembangan kecerdasan anak serta menjadikan mereka mampu merespon tantangan masa depan dengan baik. “Diusia dini anak-anak  Kabupaten Bogor sudah siap, sehingga masuk ke jenjang lebih tinggi sudah siap”, ujarnya.

Menurutnya, dengan memusatkan perhatian terhadap upaya perlindungan dan penegakan hak anak akan kehidupan berkualitas, kita akan memiliki pondasi yang kuat untuk membentuk masa depan bangsa lebih baik, karena sebagai penerima estafet kepemimpinan bangsa seja usia dini akan memiliki kemampuan kuat dalam mengembangkan diri dan kemandirian secara optimal. “Anak-anak memerlukan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh secara sehat fisik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan sosialnya”, kata Dace.

Oleh karena itu, lanjut Dace, kita berkewajiban untuk bekerja keras membangun lingkungan rumah, sekolah dan lingkungan sosial yang layak anak, lalu kemudian bermuara pada terwujudnya Kabupaten layak anak. “Kita telah kembangkan berbagai inisiatif untuk menyusun program dan kegiatan pembangunan yang peduli, sensitif dan memihak pada kepentingan terbaik anak berdasarkan norma, standar prosedur dan kriteria pembangunan kesejahteraan dan perlindungan anak”, pungkasnya.

Selanjutnya, ia pun mengajak kepada setiap pihak untuk ikut serta mewujudkan Kabupaten layak anak serta menanggulangi kekerasan terhadap anak yang kini merebak. “Kita mengajak kepada seluruh elemen, baik itu dari keluarga dan masyarakat bersama-sama mengawal mengamankan anak-anak dan saling bahu membahu dalam melindungi anak”, pintanya. Pada kegiatan ini juga ditampilkan kesenian serta pertunjukan kreativitas anak-anak PAUD dari 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor. (Arif/Diskominfo Kabupaten Bogor)