DP3AP2KB KABUPATEN BOGOR LUNCURKAN INOVASI SiGADIS, aplikasi yang berfungsi sebagai “Data Mining”

Sabtu, 17 Juli 11:22 Berita Terkini
DP3AP2KB KABUPATEN BOGOR LUNCURKAN INOVASI SiGADIS, aplikasi yang berfungsi sebagai “Data Mining”

Data adalah komponen penting dalam proses mendapatkan informasi yang akurat. Tanpa data yang terkumpul, mustahil bisa didapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat sesuai kebutuhan dalam rangka penyajian data terpilah gender Kabupaten Bogor.

 



Oleh karena itu metode pengumpulan data yang tepat dan cepat menjadi kunci bagi keberhasilan penyusunan data terpilah gender. Dilatarbelakangi hal tersebut, maka diperlukan sebuah inovasi berupa aplikasi yang berfungsi sebagai “Data Mining” atau penambang data dari sumber-sumber data terpilah gender, yang diantaranya adalah OPD/Instansi vertikal lainnya yang terkait dengan permasalahan gender di Kabupaten Bogor.

 

Sebagai inovasi dalam peningkatan fungsi dalam aplikasi SiGADIS, dilaksanakan pengembangan Aplikasi SiGADIS berbasis geoportal yang dilanjutkan dengan pengembangan fungsi Integrasi Data Gender OPD/instansi vertikal lainnya dalam aplikasi SiGADIS.

 



Sosialisasi Geoportal dilaksanakan pada Bulan November tahun 2020 dengan acara peluncuran Feature Geoportal dalam aplikasi SiGADIS yang bertujuan untuk melaksanakan input data pelaporan kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui smartphone secara realtime dan hasilnya di tampilkan pada geoportal Aplikasi SiGADIS yang berbasis peta wilayah Kabupaten Bogor, sehingga data pelaporan kekerasan dapat langsung ditampilkan sesuai peta per Kecamatan.

 

Peluncuran portal integrasi OPD/instansi vertikal lainnya dalam aplikasi SiGADIS dilaksanakan pada bulan Mei 2021 dengan agenda sosialisasi dan penyerahan user name dan passsword OPD/instansi vertikal lainnya dapat melaksanakan input data gender masing-masing OPD/instansi vertikal lainnya, sehingga data gender yang tersebar di berbagai OPD/ instansi vertikal lainnya tersebut dapat diintegrasikan dalam Aplikasi SiGADIS.