Diskominfo Kabupaten Majalengka Kaji Banding Ke Diskominfo Kabupaten Bogor Untuk Tingkatkan Pengelolaan Radio dan PPID

Jumat, 7 Februari 10:13 Berita Terkini
Diskominfo Kabupaten Majalengka Kaji Banding Ke Diskominfo Kabupaten Bogor Untuk Tingkatkan Pengelolaan Radio dan PPID
Release Diskominfo Kabupaten Bogor


CIBINONG- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka, kaji banding ke Diskominfo Kabupaten Bogor, jumat (7/2). Hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan dan optimalisasi Pelayanan Informasi melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan pengelolaan radio Kabupaten Majalengka.

Kabid Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi Diskominfo Kabupaten Majalengka, Muhamad Yudi Prasetiadi mengatakan, optimalisai keterbukaan informasi publik menjadi satu keharusan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Melihat banyaknya media internal milik Pemkab Bogor yang dikelola oleh Diskominfo Kabupaten Bogor. Mulai dari PPID, media online, media sosial, majalah, radio dan media digital videotron. Hal itu tentunya menjadi saluran efektif dalam mendorong optimalisasi keterbukaan informasi kepada masyarakat.

"Tentu dengan banyaknya saluran informasi dan kanal-kanal yang dimiliki Pemkab Bogor. Perlu optimal mengelolanya, saya lihat media yang ada sangat efektif dalam memdiseminasi dan membranding informasi berbagai kebijakan, program kegiatan Kabupaten Bogor. Melihat itu kami memilih Kabupaten Bogor sebagai tempat belajar dan bertukar informasi," terang Yudi



Katanya, dari hasil sharing beberapa informasi didapat terutama bagaimana cara pengelolaan Radio dan PPID dengan baik dan benar, sesuai aturan yang ada. 

"Alhamdulilah kami bisa dapat pencerahan, untuk bisa diterapkan dalam upaya kami meningkatkan keterbukaan informasi publik di  Kabupaten Majalengka," Yudi menegaskan.

Kepala UPT Radio Tegar Beriman 95,3 FM, Ilham mengatakan, menghadapi industri 4.0 Diskominfo Kabupaten tidak hanya berupaya mengembangkan desiminasi informasi berbasis digital saja. Seperti sapawarga berbasis digital, pengaduan masyarakat dilakukan secara online hingga data terintegrasi melalui Fiber Optik antar PD lingkup Pemkab Bogor. Media elektronik seperti Radio juga sangat efektif dalam mengoptimalisasi keterbukaan informasi publik di Kabupaten Bogor.

"Itu bentuk kesiapan Diskominfo Kabupaten Bogor dalam menghadapi perkembangan teknologi informatika," ujarnya.

Tambahnya Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Bogor, Dini Saumi, pihaknya sangat mengapresiasi atas kepercayaan jajaran Diskominfo Kabupaten Majalengka yang telah memilih Diskominfo Kabupaten Bogor sebagai tempat kaji banding atau sharing ilmu dalam upaya peningkatan pengelolaan informasi dan dokumentasi di Kabupaten Majalengka.

"Tentunya ini menjadi sarana berbagi ilmu.  Kita juga belum sempurna masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi. Dengan kegiatan ini bisa saling melengkapi kekurangan yang ada. Kepercayaan ini sangat memotivasi kita untuk bekerja lebih baik lagi kedepannya," imbuhnya. (Dewi/Diskominfo Kabupaten Bogor)