Bupati Bogor : Kita Sudah Menjalin Kerjasama Yang Baik dengan PN Cibinong

Rabu, 29 Januari 18:30 Berita Terkini
Bupati Bogor : Kita Sudah Menjalin Kerjasama Yang Baik dengan PN Cibinong
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Rabu, 29 Januari 2020

CIBINONG - Tegaknya hukum bukan hanya merupakan tugas institusi pengadilan, melainkan tugas kita semua, hal tersebut dikatakan Bupati Bogor Ade Yasin saat memberikan sambutan di Sidang Istimewa Penyampaian Laporan Tahunan Pengadilan Negeri Cibinong Kelas I A Tahun 2019, Rabu (29/1/2020).

“Kita semua harus menyadari bahwa tegaknya hukum bukan hanya tugas institusi pengadilan saja, melainkan tugas kita semua. Karena dalam setiap pelaksanaan  tugas melayani masyarakat, kita harus senantiasa berada dalam koridor hukum yang berlaku,” kata Ade.

Ia juga menambahkan, selama ini Pemerintah Kabupaten Bogor telah mejalin kerjasama yang baik dengan Pengadilan Negeri Cibinong, salah satunya pemenuhan hak kesehatan para tersangka dan terpidana. “Pemkab Bogor sudah menjalin keejasama yang baik dengan Pengadilan Negeri Cibinong, salah satu upaya dukungan kepada Pengadilan Negeri Cibinong adalah dengan melibatkan Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Bogor dalam pemenuhan hak kesehatan para tersangka dan terpidana. Kita juga membantu penyelesaian kasus yang membutuhkan keterangan medis,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Irfanudin mengatakan Kasus narkoba paling banyak diterima dan ditangani Pengadilan (PN) Kelas IA Cibinong ditahun 2019. Dalam laporan tahunannya, Pengadilan Negeri Cibinong mencatat dari 711 kasus yang ada, 295 di antaranya adalah narkoba.

"Kalau dipersentasikan, itu sekitar 41,5 persennya adalah kasus narkoba," kata Irfanudin.

Untuk laporan tahunan sendiri, menurut Irfan ini adalah kali pertama dilakukan pihaknya. Tujuannya untuk transparansi hasil kinerja yang dilakukan pengadilan selama satu tahun berjalan.

"Kami ingin masyarakat tahu kinerja kami. Kasus apa saja yang kami tangani dan intinya kami selalu komitmen untuk pelayanan kepada masyarakat," jelas Irfan. (Derima / Rizki / Humas Diskominfo Kab. Bogor)