Berhasil Terapkan Sistem Merit, Pemkab Bogor Raih Penghargaan Predikat BAIK Dari KASN

Jumat, 9 Desember 13:03 Berita Terkini
Berhasil Terapkan Sistem Merit, Pemkab Bogor Raih Penghargaan Predikat BAIK Dari KASN
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Kamis, 8 Desember 2022 

JAKARTA-Dipenghujung tahun 2022 prestasi kembali diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, kali ini mendapatkan penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas Keberhasilannya menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara dengan Predikat Baik. 

PPiagam Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto kepada Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan didampingi Inspektur Kabupaten Bogor dan Kepala Bidang Mutasi dan Promosi BKPSDM Kabupaten Bogor, pada acara Anugerah Meritokrasi (Penghargaan Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen ASN Bagi Instansi Pemerintah). Acara berlangsung di Ballrom Puri Agung, Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (8/12). 

Menteri PAN RB RI, Abdullah Azwar Anas mengatakan, penguatan kebijakan dan kelembagaan ASN ini menjadi sangat penting untuk mendorong peningkatan kinerja pemerintah. Dari lima prioritas kerja Presiden RI, pembangunan SDM menjadi poin yang pertama. 

Menurutnya, kedepan sistem reformasi birokrasi dan indikator-indikatornya juga menjadi fokus dan prioritas agar capaiannya jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.  Apalagi target Indonesia kedepan ingin masuk empat besar ekonomi dunia, tentunya ini perlu kita siapkan bersama-sama. Salah satunya melalui penerapan sistem merit dalam manajemen ASN. 

"Terdapat hasil  riset sebanyak 81% perusahaan besar Amerika Serikat berhasil bertahan di era disrupsi ekonomi karena strategi yang tepat dalam manajemen talenta sdm. Oleh karena itu, sangat penting bagi KASN untuk terus memperbaiki  kinerja ASN karena akan menjadi kunci atau totok nadi kemajuan sistem birokrasi dan pembangunan kita," tegasnya. 

"Sebagaimana disampaikan Bapak Presiden, reformasi birokrasi dan reformasi struktural  sangat penting agar lembaga ini semakin sederhana, simple dan lincah," ujarnya. 

Untuk itu, beberapa hal yang bisa dilakukan yakni penerapan sistem Merit ASN,  penyederhanaan eselonisasi dan penataan jabatan. 

"Mudah mudahan teman-teman yang telah mendapatkan predikat baik dan sangat baik akan menularkan kepada Pemda, instansi atau lembaga yang penilaiannya masih buruk atau yang kurang baik dan seterusnya," tukasnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)