Belajar Program Tahfidz Qur'an, Pemkab Lima Puluh Kota Sambangi Pemkab Bogor

Selasa, 14 Juni 15:28 Berita Terkini
Belajar Program Tahfidz Qur'an, Pemkab Lima Puluh Kota Sambangi Pemkab Bogor
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Selasa, 14 Juni 2021

CIBINONG- Untuk menyukseskan program keagamaan dan Rumah Tahfidz, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat lakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Bogor bahas soal pelaksanaan Program Tahfidz Al-qur’an di Kabupaten Bogor, yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati, Selasa (14/6/22).

Perlu diketahui bahwa program mulia pembinaan Tahfidz Al-qur’an di Kabupaten Bogor adalah mencetak 1.000 hafidz pada akhir periode RPJMD 2018-2023. Program Tahfidz Al-qur’an ini telah sukses dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor sejak tahun 2021 lalu. Pada tahun 2021, Pemkab Bogor telah melakukan wisuda terhadap 300 orang peserta Tahfidz Al-qur’an, kemudian untuk tahun 2022, sedang berjalan pembinaan untuk 350 peserta Tahfidz Al-qur’an dan untuk tahun 2023 mendatang, Pemkab Bogor telah programkan untuk 350 orang peserta Tahfidz Al-qur’an.

“Kami senantiasa berupaya menciptakan situasi yang kondusif bagi peningkatan syiar dakwah Islam, untuk mendorong terciptanya kesalehan sosial masyarakat serta tercapainya Karsa Bogor Berkeadaban. Alhamdulilah kita dipercaya oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai tempat bertukar informasi, sehingga kita dapat bersilaturahmi sebagai upaya membangun networking, sinergitas, sharing dan bertukar informasi terkait Program Tahfidz Al-qur’an,” jelas Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin saat menerima Kunjungan Kerja Bupati Lima Puluh Kota beserta jajaran.

Pemkab Bogor sangat serius dan tidak main-main dalam melaksanakan Program Tahfidz Al-qur’an itu, bahkan proses rekruitmen baik calon pembina dan calon peserta Tahfidz Al-qur’an ini didasarkan pada Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2021 tentang Program Pembinaan Tahfidz Al-qur’an, dengan mengedepankan asas objektif, transparan dan akuntabel. 

Selain Program Pembinaan Tahfidz Al-quran beberapa program Karsa Bogor Berkeadaban antara lain hibah sarana keagamaan, insentif penyuluh agama honorer, amil, guru ngaji, guru madrasah, beasiswa perguruan tinggi untuk 1.093 pemuda berprestasi dan salah satu syarat dan kriterianya adalah Hafidz Al-quran. Juga ada Kartu Bogor Sehat  untuk marbot masjid, penambahan 4 jam pendidikan agama, dan program Nobat untuk memberantas penyakit masyarakat (Pekat).

“Ini kita lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan tercapainya Karsa Bogor Berkeadaban. Alhamdulilah berbagai upaya itu telah menghasilkan prestasi membanggakan, di tahun 2022 ini Pemkab Bogor berhasil menerima penghargaan dari Kementerian Agama atas kontribusi dalam pengembangan dan kebijakan positif bagi pendidikan agama Islam di sekolah tahun 2021,” terang Burhanudin.

Dirinya menyatakan, sangat mendukung Program Rumah Tahfidz Kabupaten Lima Puluh Kota dengan mengajak untuk saling bersinergi satu sama lain. “Semoga tujuan mulia mencetak para hafid/hafidzah yang kelak menjadi pemimpin yang adil, memakmurkan agama dan menyejahterakan umat dapat sama-sama kita capai,” harapnya.

Selanjutnya, Bupati Lima Puluh Kota, Safarudin Dt Bandaro Rajo menyatakan, untuk menyukseskan Program Rumah Tahfidz di Kabupaten Lima Puluh Kota, beberapa hal seperti kebijakan untuk memperkuat pelaksanaan Rumah Tahfidz, pemberlakukan kurikulum keagamaan serta kontrol dan pengawasan pemerintah terhadap pelaksanaan Rumah Tahfidz dan Pondok Pesantren.

“Itulah dasar kami melakukan kunjungan kerja dan studi banding ke Kabupaten Bogor, Alhamdulilah berdasarkan hasil diskusi dan sharing informasi ada beberapa hal yang bisa kami tindak lanjuti dan kami terapkan di Kabupaten Lima Puluh Kota, salah satunya kebijakan melalui penerbitan Peraturan Bupati terkait Pembinaan Tahfidz Al-Quran, juga kontrol dan pengawasan kuat Pemerintah Daerah sehingga program berjalan dengan baik. Sekali lagi terima kasih kepada  Sekda dan jajaran Pemkab Bogor yang telah meluangkan waktu menerima kami,” ungkap Bupati Lima Puluh Kota, Safarudin. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)