Batik Goes to School, Pemerintah Kabupaten Bogor dan ANTAM Kembangkan Batik Khas Bogor

Rabu, 27 Agustus 08:06 Berita Terkini
Batik Goes to School, Pemerintah Kabupaten Bogor dan ANTAM Kembangkan Batik Khas Bogor

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
25 Agustus 2014
Cibinong

Kegiatan Batik Goes to School (BGS) yang diprakarsai oleh Antam dan Batik Handayani Geulis di SMP 2 Cibinong, Kecamatan Cibinong, Senin (25/8) mendapat apresiasi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Adang Suptandar. Pasalnya kegiatan ini mengandung spirit kerjasama antara pemerintah daerah, kalangan usaha dan elemen pendidikan dalam mengembangkan batik.

“Bagi saya kegiatan ini merupakan hal yang sangat kreatif serta menggambarkan komitmen untuk mendekatkan batik dengan generasi muda dalam rangka memelihara dan melestarikannya sebagai warisan budaya leluhur serta menggali inovasi bagi pengembangnya”, tandas Adang Suptandar.

Menurutnya, kegiatan acara Antam Batik Goes to School dapat menjadi sarana yang tepat untuk melestarikan dan mempromosikan batik sebagai hasil kerja kearifan lokal serta membangun jiwa kreatif dan inovatif dikalangan para siswa. “Kiranya nuansa acara ini mampu memberikan pencerahan dan menguatkan para siswa untuk lebih mencintai batik serta memperjuangkan pelestariannya sebagai kekayaan budaya bangsa yang berdaya saing dalam skala internasional”, ujarnya.

Tak lupa, Adang pun berpesan siswa dapat mengembangkan batik yang menjadi ciri khas Kabupaten Bogor, supaya Kabupaten Bogor dapat menjadi salah satu sentra batik di tanah air. “Kita butuh adanya ciri khas pada batik Kabupaten Bogor, dan saya percaya kita dapat mampu bersaing dalam hal kualitas dan corak batik sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor”, pintanya.

Sementara itu, Vice President CSR ANTAM Agus Yulianto menyampaikan bahwa ide kegiatan ini untuk memberikan sejak dini kepada anak sekolah tentang batik sebagai cultural heritage bangsa. “Sejak dini perlu dikembangkan sikap mencintai produk asli Indonesia dan dalam hal ini batik, baik dari apa itu batik, filosofi serta proses tata cara pembuatan batik itu sendiri”, kata Agus. Oleh karena itu, lanjut Agus, Antam berupaya untuk mendukung produk-produk yang menjadi icon Bogor agar bisa menjadi Go Nasional, bahkan Go International. “Antam mendorong Batik Handayani geulis sebagai icon Bogor dengan produk batik yang telah dipatenkan disainnya sehingga akan meningkatkan pariwisata Bogor dan dikenal oleh masyarakat luas”, pungkasnya.

Selanjutnya, pada kegiatan ini diserahkan cinderamata oleh VP CSR Antam Agus Yulianto dan pemilik Batik Handayani Geulis, Ratna Handayani kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar. (arif/diskominfo Kabupaten Bogor)