Babakan Madang Dinilai Pemprov Jabar

Jumat, 11 Juli 10:32 Berita Kecamatan
Babakan Madang Dinilai Pemprov Jabar

Sesuai dengan kewenangan dan potensi yang dimiliki serta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bogor telah, sedang, dan akan terus berupaya melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang mengarah pada pencapaian visi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia. Hal ini ditegaskan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Herdi, saat membuka acara Penilaian Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Dalam Menunjang Peningkatan Pelayanan Publik Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014, di Kantor Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa (24/6).

“Dengan visi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia, kiranya harapan ini tidak berlebihan mengingat kondisi makro Kabupaten Bogor senantiasa mengalami tren peningkatan dari tahun ke tahun sebagai dampak positif dari upaya pembangunan dalam berbagai bidang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Sapta Yuliato mengatakan, pelayan publik di Pemerintahan masih banyak kelemahan. “Masih banyak kelemahan dalam hal pelayanan publik, tugas Pemerintah Daerah bagaimana melayani masyarakat dengan pelayanan publik yang baik,” ujarnya. Sapta pun menambahkan, penilaian kinerja bukan semata-mata hanya berbentuk penilaian saja, namum harus memiliki manfaat. “Penilaian kinerja bukan semata-mata hanya tertuju pada penilaiannya saja, ini menjadi tolak ukur sejauh mana Pemerintah menjalankan tugas dan fungsinya,” sambungnya.

Sementara itu, Camat Babakanmadang Budi Lukman Nulhakim mengatakan, implementasi kebijakan otonomi daerah telah mendorong terjadinya perubahan baik secara struktural, fungsional maupun kultur. “ Salah satu perubahan yang sangat esensial yaitu menyangkut kedudukan, tugas pokok dan fungsi kecamatan yang sebelumnya merupakan perangkat wilayah dalam kerangka asas dekonsentrasi, berubah statusnya menjadi perangkat daerah dalam kerangka asas desentralisasi, camat dalam menjalankan tugasnya mendapat pelimpahan kewenangan yang bersifat delegatif dan bertanggung jawab kepada Bupati atau Walikota,” jelas Budi.

Budi menambahkan, fungsi Kecamatan sebagai pusat pelayanan semakin terasa manfaatnya. “Fungsi Kecamatan sebagai pusat pelayanan semakin mendekatkan kepada masyarakat sekitar, pelayanan yang semakin cepat, hemat waktu dan kita harus merubah pandangan masyarakat tentang pelayanan di Pemerintah yang kurang ramah menjadi pelayanan yang ramah dan baik,” tambahnya. (Derima / Diskominfo Kab. Bogor)