05 Maret 2018 15:49:48
Masyarakat Nanggung Miliki Pasar Rakyat Representatif

IMG-20180305-WA0043.jpg

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Senin, 05 Maret 2018
Nanggung

Masyarakat Kecamatan Nanggung akhirnya memiliki pasar rakyat yang representatif, karena Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tohaga telah membangun pasar rakyat yang peresmian pasar tersebut oleh Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti yang diwakilkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, bertempat di hal. Pasar Nanggung, pada Senin (5/3).

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah mengatakan pasar Nanggung bersumber dari dukungan dana tugas pembantuan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2016 dengan alokasi anggaran 6 milyar rupiah untuk bangunan utamanya dan dilanjutkan tahun 2017 tahap 2 untuk sarana dan prasarana penunjang operasional yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor dengan alokasi anggaran 3,5 Milyar Rupiah.

"bahwa selain pasar rakyat Nanggung, juga telah di bangun pasar rakyat Ciseeng,  Tenjo,  Kemang dan pasar rakyat Leuwisadeng,  namun sampai saat ini belum diresmikan. Diharapkan dalam waktu dekat akan segera diresmikan dan dioperasionalkan," ujarnya.

Adang juga memaparkan pasar tenjo pembangunannya dilaksanakan 2 tahap dan seluruhnya bersumber dari APBD Kabupaten Bogor,  sampai saat ini belum beroperasi dan harus segera dimanfaatkan, mengingat masyarakat sangat membutuhkan sarana perdagangan.


"untuk itu,  kepada pihak PD. Pasar Pasar Tohaga selaku pengelola dimohon untuk segera mengoperasikannya. Demikian juga dengan pasar rakyat Kemang,  Leuwisadeng dan pasar rakyat Ciseeng. Hanya untuk pasar rakyat Leuwisadeng masih perlu ditambah pembangunan pagar dan pembatas pagar dan pembatas pasar," ungkapnya.

Sedangkan untuk pasar Ciseeng, menurut Sekretaris Daerah,  guna mencukupi kebutuhan pedagang, maka pada tahun 2018 di anggarkan untuk tahap ke 2 yang telah diusulkan melalui dana tugas pembantuan Kementerian Perdagangan dengan nama pasar rakyat Ciseeng 2. Rencananya, pembangunan pasar rakyat ciseeng 2 ini dilaksanakan pada tahun 2018 dan sampai saat in sedang berjalan pelaksanaannya.

Terakhir, Sekda Kabupaten Bogor menuturkan pembangunan pasar rakyat tentunya tidak hanya dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,  akan tetapi juga harus disikapi sebagai bagian dari misi untuk meningkatkan integrasi, koneksitas, kualitas dan kuantitas infrastruktur wilayah dan pengelolaan lingkungan hidup di sekitarnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Tohaga Romli Eko Wahyudi mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki kepedulian terhadap pembangunan pasar rakyat, karena akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"persaingan semakin ketat dengan pasar modern dan online, namun kita PD. Pasar Tohaga Kabupaten Bogor akan terus berusaha meningkatkan sarana dan prasarana serta kualitas dari pasar rakyat khususnya di wilayah Kabupaten Bogor," ungkapnya.

Ia menilai banyaknya pasar yang direvitalisasi dan dihidupkan kembali, merupakan suatu upaya untuk mengeliatkan pasar rakyat yang harus berjuang di tengah gempuran ritel modern. Beragam cara bahkan dilakukan agar pasar rakyat bisa bersaing.

"saat ini kami sedang merancang program hadiah umrah bagi pembeli setia dan pedagang di pasar rakyat.  Setelah sebelumnya kami berhasil mengumrahkan pegawai dan penjual kami juga akan mengumrahkan 1 pembeli yang sering berkunjung ke pasar rakyat di Kabupaten Bogor.  Hal ini dilakukan semata-semata untuk memotivasi dan menambah keramaian pasar-pasar rakyat di Kabupaten Bogor," tandasnya.

Sebagai informasi tambahan pasar Nanggung memiliki 176 kios, 56 los dan 20 stand makanan dan minuman. (Andi/Diskominfo Kab. Bogor)

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Url :
Masukkan Captcha :
Komentar :
   
Komentar Masuk

belum ada komentar.
Berita Terkini OPD
22 Juni 2018 17:11:23
PELATIHAN HIV DAN AIDS
            TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM : Setelah mempelajari materi: Pesertamampumemahamihal-hal yang terkaitdengan HIV dan…
22 Juni 2018 16:42:05
ACARA HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR RSUD CIBINONG
            Pasca libur lebaran Idul Fitri 1439 H, Sabtu tanggal…
21 Juni 2018 16:37:44
PELAKSANAAN SHOLAT IDUL FITRI 1439 H DI KECAMATAN CIJERUK
Taqabballahu Minna wa Minkum Shiyamana wa Shiyamakum Ja’alallahu Minal Aidin wal Faizin   Pemerintah Kecamatan…
21 Juni 2018 08:00:00
Halal Bihalal Seluruh Pegawai Kecamatan Megamendung
Halal Bihalal Pegawai Kecamatan Megamendung setelah melaksanakan Apel Pagi dilaksanakan pada Jumat 21 Juni 2018 di…
14 Juni 2018 14:54:43
PENANGANAN LIMBAH RUMAH SAKIT
            Limbah RS adalah semua limbah yang dihasilkan kegiatan RS dalam…
Kalender Teman
JUNI
25
HALAL BIHALAL KECAMATAN CIJERUK
Lokasi : Gedung Serbaguna Kecamatan Cijeruk
JUNI
22
KEGIATAN LOMBA DALAM RANGKA HARI JADI BOGOR
Lokasi : Halaman Kantor Kecamatan Cijeruk
Berita Terkait
22 Juni 2018 14:11:18
Bupati Bogor Lepas Pendistribusian Surat Suara Dan Alat Kelengkapan TPS
Release Diskominfo Kabupaten BogorJumat, 22 Juni 2018CibinongBupati Bogor, Hj. Nurhayanti monitoring sekaligus melepas pendistribusian surat…
21 Juni 2018 14:06:28
Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Bogor Halal Bihalal dengan ASN
Release Diskominfo Kabupaten BogorKamis, 21 Juni 2018 CIBINONGHari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran,Seluruh Aparatur…
21 Juni 2018 14:01:06
Bupati Bogor Evaluasi Kesiapan Pemilukada Di Kabupaten Bogor
Release Diskominfo Kabupaten BogorKamis, 21 Juni 2018 CIBINONGBupati Hj. Nurhayanti mengunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU)…
21 Juni 2018 13:58:46
PMI Perkuat Kemampuan Petugas Ambulance
Release Diskominfo Kabupaten BogorKamis, 21 Juni 2018 CIBINONGPalang Merah Indonesia (PMI) Kabupan Bogor gelar pelatihan…
15 Juni 2018 13:00:00
Usai Sholat Ied, Bupati Bogor Gelar Open House
Release Diskominfo Kabupaten BogorJumat, 15 Juni 2018CibinongUsai menggelar salat Ied di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong…
Banner
Video Galeri