09 Agustus 2018 15:46:17
Tim Diklat RLA Gelar Aksi Tangkal Pencemaran Lingkungan dan Sungai

DSC_9472.JPG

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Kamis, 09 Agustus 2018
Jonggol

Keberadaan Sungai Cipamingkis yang merupakan Anak Sungai Citarum, dirasakan begitu banyak manfaatnya oleh masyarakat. Sebagai komponen penting dalam kehidupan, sudah selayaknya air dan sungai Cipamingkis dilestarikan dan dijaga. Atas dasar tersebut, kelompok peserta Diklat RLA (Reform Leader Academy) XII LAN RI mengadakan aksi yang dinamakan Implementasi Rencana Aksi Birokrasi yang didalamnya terdapat sosialiasasi dan aksi nyata untuk menjaga sungai. Kegiatan tersebut diadakan di Kampung Dayeuh, Desa Sukanegara Kecamatan Jonggol, pada Kamis (9/8).

Ketua Tim Diklat yang juga menjabat Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Endah Nurmayati mengatakan, aksi yang dilakukan dirinya bersama tim merupakan aksi untuk mencegah agar sungai cipamingkis yang merupakan anak sungai citarum ini tidak tercemar. Hal tersebut dikarenakan, banyak warga yang masih menggunakan air cipamingkis untuk kehidupan sehari-hari.

“Kita akui masyarakat kita masih mempunyai bad habbit (kebiasaaan buruk) membuang sampah di sungai, oleh karena itu melalui kegiatan ini, kita ingin memberdayakan masyarakat dengan memberikan pelatihan bagaimana mengelola sampah terutama sampah plastik agar dapat di reduce, di reuse dan di recycle (3R) yang akhirnya nanti tidak mencemari sungai,” terang Endah.

Endah juga menambahkan bahwa dirinya bersama Tim Diklat juga mempersiapkan rencana-rencana program yang nantinya akan dijadikan usulan serta masukan kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk bagaimana membuat sebuah policy (kebijakan) dalam menata sungai dan daerah sekitarnya.

“Kita akan membuat sebuah program bagaimana sungai itu tidak hanya di normalisasi tapi juga di naturalisasi, ini akan mengembalikan fungsi sungai itu sendiri seperti awal. Kita juga akan mensinergikan juga dengan program pemerintah daerah Kabupaten Bogor seperti program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Dinas PKPP, kemudian program pembuatan sanitasi komunal Dinas PUPR, Kampung Ramah Lingkungan Dinas DLH dan beberapa program di SKPD lain yang berhubungan. Intinya kita ingin sungai kita tidak tercemar dan pemanfaatannya dapat dirasakan masyarakat,” tambah Endah.

Sementara itu Sekretaris Tim Diklat RLA Susiyana menjelaskan, program yang disosialisaikan dan dilakukan saat ini adalah penanaman beberapa jenis pohon di bantaran sungai, pelatihan 3R, pembuatan bank sampah dilingkungan sekitar, pemberian tempat sampah dan juga pemberian bibit tanaman buah.

“Kita mengajak bersama-sama seluruh warga masyarakat untuk menanam pohon dan juga menghijaukan lingkungan. Lalu mereka kita berikan juga pelatihan langsung untuk mendaur ulang sampah-sampah agar dapat berguna kembali. Harapan kita, ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan mampu mengembalikan kelestarian alam di wilayah tinggal mereka khususnya di sepanjang aliran sungai cipamingkis,” ujar Susiana.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Sukanegara Muhibatul Islamiyah, memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada rombongan Diklat RLA atas kepedulian terhadap lingkungan dan sungai di wilayahnya.

“Saya ucapakan terima kasih kepada rombongan Diklat RLA yang benar-benar memberikan memberikan conton dan pelatihan kepada masyarakat bagaimana mereka dapat menjaga lingkungan dan sungai dari pencemaran sampah. Saya harap kegiatan ini dapat diperluas wilayahnya ke desa-desa lain,” ucap Muhibatul.
(OCKY/DERI/DISKOMINFO)

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Url :
Masukkan Captcha :
Komentar :
   
Komentar Masuk

belum ada komentar.
Berita Terkini OPD
26 September 2018 15:43:33
Penilaian Bogor Kabupatenku Green and Clean Tahap 2 (Dua) Kecamatan Gunungputri
Kecamatan Gunungputri : Selasa, 25 September 2018 bertempat  di Perumahan Gunungputri Permai Jl. Nanas X…
26 September 2018 15:21:48
Musyawarah Desa (Musdes) Bojongnangka Kecamatan Gunungputri
Kecamatan Gunungputri : Selasa, 25 September 2018 bertempat di Kantor Desa Bojongnangka Kecamatan Gunungputri  mengadakan…
26 September 2018 12:23:56
KUNJUNGAN DANDIM 0621 BOGOR KE DANRAMIL 2124 CISARUA-MEGAMENDUNG
Hari/Tanggal : Rabu tanggal 26 September 2018 Kunjungan Dandim 0261 Bogor Letnan Kolonel Infantri Harry…
26 September 2018 09:46:07
PELAKSANAAN MTQ TINGKAT KECAMATAN CISARUA KAB. BOGOR TAHUN 2018
Hari/Tanggal : 25 September 2018 Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor melaksanakan Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Tahun…
25 September 2018 10:33:15
PENILAIAN TAHAP II BOGOR KABUPATENKU GREEN AND CLEAN AWARD TAHUN 2018
Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor kembali menerima kunjungan Tim Verifikasi Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Bogor KabupatenKu…
Kalender Teman
SEPT
20
Gema Muharram 1440 H
Lokasi : Kantor Desa Klapanunggal
SEPT
19
MTQ Tingkat Kecamatan Rumpin Tahun 2018
Lokasi : Kantor Kecamatan Rumpin
Berita Terkait
25 April 2014 14:48:12
Jejaki Kerjasama, Dubes Bosnia Temui Bupati Bogor
Guna meningkatkana kerjasama antar negara, Duta Besar (Dubes) Bosnia and Herzegovina untuk Indonesia, Mr. Fuad Sabeta…
14 April 2014 16:10:00
Wabup Bogor Tinjau Pelaksanaan UN di Kabupaten Bogor
Wakil Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti menegaskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Bogor sangat bagus…
09 April 2014 16:11:33
Sekda : Ketidaksiapan TPS Picu Rendahnya Partisipasi Masyarakat
Molornya waktu proses pelaksanaan pemungutan suara atau pencoblosan Pemilihan umum (Pemilu) legislatif tahun 2014, akibat…
25 Maret 2014 16:19:49
Bupati Bogor Pimpin Apel Siaga Pol PP dan Linmas
Bupati Bogor Rachmat Yasin mengatakan bahwa Satpol PP harus terus menegakkan peraturan daerah yang berada…
01 Juli 2014 10:43:33
Wabup : Kita Kawal Visi Kabupaten Bogor
Bupati dan Wakil Bupati Bogor terpilih 2013 - 2018 mempunyai visi yang sudah ditetapkan dan…
Banner
Video Galeri