10 Juni 2016 10:37:05
Belajar Mengenal Budaya Sunda Melalui Kampung Wisata Cinangneng

kpwisatacinangneng1.jpg

Apakah anda ingin mengajak keluarga melakukan liburan yang berkesan dan mengasyikan? Atau bagi para guru dan lembaga pendidikan, jika ingin proses belajar mengajar yang berbeda, saat ini telah tersedia wisata edukasi yang menarik. Wisata edukasi menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan semangat dan potensi anak melalui kegiatan di luar ruangan. Kegiatan di alam terbuka dapat memberikan efek positif karena memberi banyak kesempatan untuk melakukan gerakan fisik dan berpikir lebih kreatif. Kegiatan wisata ini dapat anda lakukan di Kampung Wisata Cinaneneng. yang berada di Kabupaten Bogor. Obyek wisata ini dapat diikuti semua usia, dari kelompok usia bermain hingga tingkat perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.
 
Pintu Masuk Kampung Wisata Cinangneng

Kampung wisata Cinangneng telah menjadi salah satu destinasi utama wisata kampung di Indonesia. Kampung wisata yang mengusung konsep wisata penginapan dan edukasi atau pendidikan ini lebih menekankan pada nilai, tradisi dan warisan budaya. Di lokasi wisata ini banyak terdapat istilah “pulang kampung”, seakan mengingatkan para pengunjung akan kampung halaman dan menumbuhkan kecintaan terhadap nilai, budaya dan adat istiadat setempat khususnya mengenai adat sunda. Beberapa istilah daerah juga banyak digunakan untuk penamaan beberapa spot di dalam lokasi wisata, seperti balai kampung, saung cinangneng, saung penggilingan.
 
Jembatan pulang kampung-ku menuju area persawahan

Kampung wisata ini menyediakan paket wisata 1 hari dan wisata paket menginap. Paket satu hari menawarkan harga paket yang relatif murah yaitu dimuali dari harga Rp20.000 hingga Rp135.000 untuk rombongan. Adapun paket wisata 1 hari terbagi lagi dalam 4 paket program, yaitu program poelang kampoeng, program pulang kampoeng (a) yang umumnya diambil siswa-siswi sekolah taman kanak-kanak dan program saya pun berasal dari desa serta paket survey.

Paket wisata yang ada di kampung wisata ini mempunyai beragam kegiatan edukatif namun tetap dengan kemasan hiburan yang menyenangkan khususnya untuk anak-anak dan keluarga anda. Paket ini menyediakan kegiatan seperti belajar bermain angklung dan menyanyi lagu sunda, bermain gamelan, menari sunda, belajar membuat makanan dan minuman tradisional, menanam padi, membuat wayang dari batang daun singkong dan memandikan kerbau.
Kampung wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas tambahan seperti mushola, toilet, taman bermain anak, saung-saung yang menyediakan makanan dan minuman, toko souvenir, taman, meja beserta tempat duduk unik yang tertata rapih dan juga area parkir yang cukup luas untuk kendaraan anda. Sedangkan untuk penginapan juga tersedia fasilitas seperti room service dan laundry dengan paket tersendiri. Paket di sini juga menyediakan program ronda kampung dan api unggun tetapi dengan harga yang relatif lebih mahal.
 
Pemandangan di area wisata dengan tatanan ruang dan desain yang unik

Jika anda mengambil paket survey, maka anda hanya diberi kesempatan selama 30 menit untuk berkeliling di lokasi wisata. Jadi tidak ada salahnya jika anda maksimalkan waktu kunjungan dengan bertanya pada petugas yang mendampingi dan sesekali memotret aktivitas beberapa siswa yang sedang melakukan kegiatan wisata.
 
Kegiatan siswa saat dijelaskan mengenai padi dan proses menanamnya

Sesaat setelah obyek wisata ini dibuka pada jam 09.00 WIB, beberapa bus telah tampak memenuhi area parkir. Beberapa bus tersebut berasal dari sekolah dasar yang melakukan tour wisata. Suasana yang tadinya masih sepi langsung berubah menjadi riuh dan penuh semangat dengan suara dan tawa anak-anak saat kegiatan dimulai. Ada banyak kegiatan yang akan dilakukan peserta sesuai dengan pilihan paket wisata. Semua kegiatan berhubungan dengan nilai budaya dan adat istiadat khususnya adat Sunda. Program yang disediakan tadi merupakan paket tour wisata yang akan anda lalui secara berurutan namun perjalanan yang ditempuh cukup mudah dan tidak terlalu melelahkan anak-anak.
Pengunjung akan dijelaskan mengenai nilai-nilai budaya dan tradisi dalam bahasa sunda beserta dengan terjemahan bahasa Indonesianya. Selain itu ada juga kegiatan seru lainnya seperti memainkan angklung secara bersama-sama sambil menyanyikan lagu seperti rayuan pulau kelapa, tanah sunda dan sesekali diiringi dengan suara musik kendang. Kegiatan ini dipandu oleh beberapa orang pemandu yang sangat ramah dengan sebutan Mamang untuk laki-laki dan Teteh untuk pemandu perempuan di sebuah area bangunan yang diberi nama balai Kampoeng.  
 
Mamang dan Teteh sedang memandu menyanyi

Memasuki area lokasi lebih dalam, anda akan melewati beberapa gazebo atau saung yang unik. Saung disesuaikan dengan tema kegiatan yang dilakukan seperti saung panggilingan yang menyediakan alat penumbuk padi seperti lesung dan mesin penumbuk. Ada juga saung yang digunakan pengunjung untuk membuat wayang dari bahan daun singkong. Beberapa perangkat gamelan yang cukup lengkap juga ada di ujung lokasi. Para peserta wisata ini dapat belajar bermain gamelan langsung.
 
Seperangkat Gamelan di Saung Cinangneng

Sepanjang lokasi terlihat pemandangan alami berupa perkebunan buah-buhan dan sayuran, tanaman hias lengkap dengan keterangan nama ilmiahnya dan pohon hijau yang menyejukkan mata. Ada juga beberapa burung dengan warna cantik di sekitar jalan setapak yang anda lalui. Burung-burung tersebut juga tidak malu dan takut untuk mendekati anda.
 
Burung Nuri koleksi Taman Wisata Cinangneng

Setelah selesai menyusuri lokasi di area atas, anda dapat melanjutkan menuju area persawahan yang lokasinya berada di bagian bawah. Jadi anda harus melewati tangga menurun. Di lokasi bawah ada saung untuk area yang cukup digemari anak-anak, yaitu menghias topi caping dengan cat warna-warni. Kegiatan ini dapat melatih kreativitas anak dan nilai lebihnya, anak-anak dapat membawa pulang hasil karya mereka sendiri.
 
Kegiatan para siswa peserta saat menghias topi Caping

Perjalanan dapat dilanjutkan dengan melalui tangga yang unik bernama jembatan “pulang kampung-ku” yang akan menghubungkan anda ke area persawahan yang hijau dan pemandangan lain yang dipenuhi dengan tanaman-tanaman dan pohon-pohon yang cukup rindang. Anda akan menemukan pemandangan yang lebih indah berada di bawah jembatan tersebut. Ada beberapa ekor kerbau berada di tengah rerumputan dan pohon yang rindang di tepian sungai.
 
Kerbau koleksi Taman Wisata Cinangneng di dekat sungai

Suara deras aliran sungai dan pemandangan sekitar area persawahan membuat anda akan merasa nyaman dengan suasana pedesaan yang kental dengan udara yang cukup sejuk. Pengunjung juga akan dijelaskan mengenai cara bercocok tanam dan beberapa informasi terkait pertanian. Namun sayang, saat saya berada di lokasi tidak menjumpai peserta yang sedang melakukan kegiatan bercocok tanam secara langsung. Beberapa tanaman padi juga sudah mulai menguning, tanda musim panen akan segera tiba.
 
Area Persawahan di Kampung Wisata Cinangneng

Para pengunjung dapat menuju lokasi perumahan warga yang mempunyai indsutri rumah tangga. Anda dapat membeli souvenir khas sunda seperti angklung dengan harga terjangkau. Ada juga beberapa souvenir lain yang unik dan beberapa produk hasil karya industri rumah tangga tersebut langsung dari warga asli setempat.
 
Souvenir dari industri rumah tangga warga

Souvenir lainnya juga dapat anda lihat di dekat restoran pulang kampung yang berada di sebelah guest house yang berlokasi di depan kebun sayur dan buah-buahan dengan desain ruangan yang cukup unik dan tradisional.
 
Beberapa Souvenir yang ada di Restoran Pulang Kampung

Kampung wisata ini berada dilokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh pengunjung. Obyek wisata ini beralamat di Jalan Babakan Kemang RT 01 RW 02, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Bogor. Obyek wisata ini cukup ramai dikunjungi bahkan saat hari-hari kerja oleh wisatawan khususnya beberapa sekolah dasar baik yang berada di sekitar Bogor dan dari luar daerah.  Kampung wisata ini akan melayani anda dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB.
Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda dapat mengawali perjalanan dari Terminal Bojonggede melalui villa Mutiara menuju perempatan Kayu Manis dan mengambil arah ke Ciampea atau Laladon. Anda juga dapat melewati rute lain menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor ataupun mobil, maka anda dapat menuju jalan raya Cibadak-Ciampea sampai di kawasan Dramaga atau kampus ITB. Atau jika melalui jalur tol Jagorawi, anda dapat melalui tol Sentul City dan dilanjutkan dengan menuju tol lingkar luar Kedung Halang setelah ada pertigaan jalan, lanjutkan ke arah kampus IPB Dramaga.
Setelah melewati Dramaga, lanjutkan perjalanan menuju arah Cikampak atau Leuwiliang namun jangan terlalu terburu-buru karena jarak dengan kampus IPB tidak terlalu jauh yaitu sekitar 1 km saja. Tidak jauh dari kampus terlihat plang cukup besar di sebelah kiri bertuliskan “Kampung Wisata Cinangneng”. Dari pintu masuk kemudian terus ke arah bawah sekitar 700 meter. Jika anda memutuskan untuk mengendarai mobil maka sebaiknya harus ditempuh secara perlahan karena kondisi jalan agak berkelok.
Perjalanan setelah gang masuk pertama tadi akan melalui perkampungan warga dengan jalan cukup sempit namun tetap dapat dilalui oleh bus-bus besar yang sering membawa rombongan sehingga anda harus tetap waspada dengan menjaga laju kecepatan kendaraan.  Di bagian halaman depan terlihat lokasi parkir kendaraan yang cukup luas. Anda harus melalui bagian pusat informasi terlebih dahulu untuk membeli tiket masuk. Jika anda datang dari luar kota, sebaiknya anda menempati penginapan atau hotel. Ada beberapa hotel yang tersedia di sekitar bogor dengan fasilitas dan harga yang variatif.
 
Area parkir di bagian depan
Lengkap sudah paket wisata liburan anda jika mengunjungi lokasi wisata ini, apalagi jika anda mengajak serta keluarga untuk datang menikmati kegiatannya, pasti akan semakin seru dan menambah keakraban dan kedekatan antara orang tua dan anak. Selain menikmati keindahan alam, nilai adat dan budaya sunda juga dapat anda peroleh.

Sumber : www.traveloka.com

kpwisatacinangneng1 kpwisatacinangneng10 kpwisatacinangneng11

kpwisatacinangneng12 kpwisatacinangneng13 kpwisatacinangneng2

kpwisatacinangneng3 kpwisatacinangneng4 kpwisatacinangneng5

kpwisatacinangneng6 kpwisatacinangneng7 kpwisatacinangneng8

kpwisatacinangneng9

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Url :
Masukkan Captcha :
Komentar :
   
Komentar Masuk

belum ada komentar.
Berita Terkini OPD
22 November 2017 11:29:55
Penertiban PKL di Simpang Pintu Keluar Masuk Tol Jagorawi Citeureup
Senin 20 November 2017 Penertiban Pedagang Kaki Lima di sekitar Pintu keluar masuk tol Jagorawi…
22 November 2017 11:12:14
Pengukuhan Komunitas Ojek Citeureup
Pengukuhan Komunitas Ojek Yang ada di Kecamatan Citeureup 19 November 2017 di lapangan Jalan Tengsau…
20 November 2017 15:50:55
LAPORAN KEGIATAN MUTU PERIODE JANUARI - SEPTEMBER 2017
         
20 November 2017 15:37:15
Turnamen Bola Voly Meriahkan HUT PGRI Ke-72 Timgkat Kecamatan Tenjo
senin 20 November 2017 Turnamen Bola Voly antar Gugus dan Staf Instansi Se-Kecamatan Tenjo dibuka…
20 November 2017 08:39:12
Monev Jl Nambo
Klapanunggal, Minggu 12 November 2017 dilaksanakan kegiatan monev di jl Nambo. adapun kegiatan tersebut adalah…
Kalender Teman
NOV
10
Peringatan Hari Pahlawan ke-72 Tahun 2017 Tingkat Kecamatan
Lokasi : Kantor Kecamatan Rancabungur
OCT
29
Pelayanan Perekaman E-Ktp di Desa Cilebut Barat
Lokasi : Pelaksanaan Kegiatan di Desa Cilebut Barat
Berita Terkait
20 November 2017 14:10:29
Bupati Bogor Hadiri Gelar Munggaran Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Bogor tahun 2018
Release Diskominfo Kabupaten BogorSenin, 20 November 2017CibinongKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, melaksanakan Gelar Munggaran…
17 November 2017 13:57:57
SATGAS SABER PUNGLI KABUPATEN BOGOR GENCAR LAKUKAN SOSIALISASI
Release Diskominfo Kabupaten BogorJumat, 17 November 2017CibinongKomitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terhadap sapu bersih pungutan…
16 November 2017 13:00:00
DLH Kabupaten Bogor Gelar Workshop CGC
Release Diskominfo Kabupaten BogorKamis, 16 November 2017CibinongDinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor mengelar workshop II…
15 November 2017 13:17:52
Bupati Bogor Buka Jumbara PMR Kabupaten Bogor
Release Diskominfo Kabupaten BogorRabu, 15 November 2017SukarajaSebanyak 3600 orang anggota Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten…
15 November 2017 13:00:00
Sosialisasi Saber Pungli Dalam Upaya Menciptakan Pemerintahan Yang Bersih dan Berintegritas
Release Diskominfo Kabupaten Bogor Rabu, 15 November 2017CIBINONGGuna mencegah terjadinya penyimpangan dan kekeliruan yang berakibat…
Banner
Video Galeri