10 Juni 2016 10:27:35
Berpetualang di Wisata Alam Curug Cilember Bogor

curug_cilember2.jpg

Berwisata memang menjadi kebutuhan setiap orang. Terlebih bagi anda yang mempunyai jadwal kerja yang padat dan menghabiskan waktu kerja anda di dalam ruangan. Berwisata di alam terbuka bisa menjadi salah satu pilihan tepat karena mempunyai beragam manfaat.
Diantara manfaat yang utama adalah kesehatan fisik anda. Ion negatif yang terbentuk dari perpaduan antara air, sinar matahari, dan udara di alam ini, paling banyak ditemukan di lingkungan yang berdekatan dengan air yang dinamis atau mengalir, seperti sungai atau laut, dan air terjun. Ion negatif ini berperan dalam menimbulkan efek relaksasi yang dapat menstabilkan pernapasan. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah, dan yang utama meningkatkan konsentrasi.

Beragam manfaat berwisata alam itu juga dapat anda peroleh di wana wisata Air terjun Cilember atau dalam bahasa Sunda sering disebut dengan Curug Cilember. Sesuai  dengan nama obyek wisata ini, lokasi curug Cilember berada di desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Lokasinya cukup mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Namun untuk mencapai masing-masing lokasi air terjun atau curug ini membutuhkan perjalanan yang cukup menantang. Wisata ini memberikan pengalaman baru bagi anda untuk berpetualang di tengah alam.

Hal-hal yang dapat anda nikmati di curug Cilember ini

Taman Kupu-kupu
Taman kupu-kupu yang bernama Buterfly Park ini berada di lokasi yang berdekatan dengan pintu masuk dengan waktu tempuh sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Taman ini berbentuk sebuah kubah atau setengah bola dengan konsep green house tetapi dengan sedikit elemen kaca di bangunan pintu masuknya. Di kawasan taman dengan luas sekitar 500 m2 ini dipenuhi dengan beragam tanaman dan bunga dengan aneka warna.
 
Ada puluhan jumlah kupu-kupu yang hidup dan beterbangan yang diketahui berasal dari 12 spesies yang berbeda warna dan ukurannya. Keanekaragaman jenis kupu-kupu yang indah dan menarik tersebut ditangkar dan dikembangbiakan dalam tempat konservasi ini. Dalam taman ini, anda juga akan mengetahui bagaimana perjalanan hidup seekor kupu-kupu dari telur hingga menjadi kupu-kupu seutuhnya yang merupakan siklus metamorphosis mereka secara alami.

Hutan Pinus
Saat menyusuri melalui rute dan jalan setapak, maka kita akan melintasi vegetasi hutan tropis berupa jajaran pohon pinus yang indah dan juga beragam jenis pohon lainnya yang berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Keragaman vegetasi alam di sepanjang jalan menuju curug ini memberikan hiburan tersendiri.
 
Keindahan area jalan dan pemandangan yang masih alami dan asri di tambah lagi dengan udara sejuk dan suasana hening sepanjang perjalanan menciptakan harmoni yang pas untuk bertamsya dengan cara berbeda, bukan sekedar jalan-jalan melainkan juga perjalanan penuh tantangan khas para petualang. Sehingga anda harus tetap waspada dan hati-hati saat melewati jalanan yang sedikit licin.

Pesona 7 Curug Cilember
Wisata curug Cilember ini merupakan kawasan wisata yang memiliki tujuh air terjun atau curug yang terletak di titik yang berbeda namun dengan jarak yang tidak terlalu jauh, yaitu antara 150 sampai 450 meter. Curug Cilember ini sebenarnya memiliki satu sumber mata air yang kemudian terpecah dan mengalir menuju tujuh air terjun atau curug dengan ketinggian yang berbeda. Hampir seluruh curug memiliki area kolam di bawah alirannya sehingga dapat dimanfaatkan wisatawan untuk berenang dan bermain air di lokasi tersebut.
Masing-masing curug di kawasan wisata ini diberi nama sesuai nomor urut dari jumlah air terjun yang ada. Curug pertama atau 1 adalah curug yang terletak di posisi paling tinggi dan paling jauh dengan lokasi pintu masuk kawasan wisata ini. Sebaliknya curug tujuh atau 7 terletak di dekat pintu masuk dan paling mudah dijangkau, sehingga banyak wisatawan yang lebih memilih lokasi air terjun ketujuh ini.

Wisata curug 7 ini memiliki keunikan tersendiri, selain jumlahnya yang cukup banyak, juga keindahan alam masing-masing curug yang berada pada posisi dan ketinggian berbeda. Semakin tinggi lokasinya maka jalan setapak yang dilalui juga cukup sulit dan semakin terlihat alami. Perjalanan yang ditempuh menuju masing-masing curug juga menjadi petualangan unik bagi anda. Kondisi jalan menuju curug 4 sampai 1 ini akan lebih menantang lagi karena sempit dan licin.

Curug 7 berada di lokasi terdekat dengan pintu masuk. Jaraknya hanya sekitar 300 meter dari loket pintu masuk. Sedangkan dari curug 7 ke curug selanjutnya mempunyai jarak sekitar 450 meter. Adapun jarak tempuh curug 5 ke curug 4 dan curug 4 menuju curug 3 hampir sama yaitu sekitar 100 sampai 150 meter. Jarak antar curug terjauh ialah saat menuju curug 3 ke curug 2 yaitu sekitar 800 meter. Di lokasi wisata ini  juga disediakan fasilitas jungle tracking dan outbond untuk dapat menikmati keseluruhan pemandangan alam di ketujuh curug Cilember ini.

Fasilitas yang ada di lokasi wisata Curug Cilember
Tidak jauh berbeda dengan obyek wisata lainnya di Indonesia. Obyek wisata yang menyuguhkan keindahan alam dan curug ini menyediakan beberapa fasilitas penunjang akan kenyamanan dan keamanan anda dalam berwisata. Di area lokasi wisata ini terdapat fasilitas umum seperti;

Camping Ground
Bagi anda yang benar-benar ingin merasakan sensasi wisata petualangan anda dapat menuju camping ground untuk bermalam di lokasi tersebut. Area camping ground di lokasi wisata ini sudah dikenal sejak dulu. Maka tak jarang beberapa sekolah dan masyarakat umum juga mengadakan kegiatan pramuka dan kegiatan para pecinta alam lainnya baik untuk tracking, hiking maupun camping di lokasi ini.

Camping ground yang berada di kawasan curug Cilember ini terbagi dalam tiga area yang terpisah. Ketiganya adalah Camp Lembah pakis, Camp Curug 7 dan Camp Curug 5. Di sekitar camping ground juga telah disediakan berbagai peralatan atau perlengkapan dan kebutuhan untuk camping yang bisa anda sewa sehingga dapat mengurangi kerepotan anda dengan membawa segala perlengkapan camping secara pribadi dari rumah.

Jungle Lodge
Wisata Curug Cilember juga menyediakan tempat penyewaan berupa villa atau pondok-pondok untuk menginap yang lokasinya berada di sekitar air terjun dan kawasan hutan di curug ini. Villa yang berjumlah sekitar 6 bangunan ini berbentuk rumah-rumah panggung atau pondok dengan bahan dasar bangunan berupa kayu-kayu alami. Harga sewa tergantung dari ukuran bangunan dan fasilitas yang disediakan. Namun jika anda kurang merasa nyaman dengan lingkungan di tengah alam seperti ini, anda dapat menginap di penginapan atau hotel-hotel di sekitar wilayah obyek wisata yang cukup mudah ditemukan. Hotel tersebut juga menyediakan fasilitas dan harga yang variatif sesuai kebutuhan anda dan keluarga.

Selain fasilitas berupa penginapan dan camping ground, juga terdapat fasilitas lain yang cukup lengkap seperti lapangan parkir, kios-kios makanan yang banyak tersedia di titik-titik atau lokasi di sepanjang perjalanan menuju curug. Ada juga musholla yang cukup bersih dan terawat, dan juga toilet yang menjangkau hingga curug teratas, bangku-bangku taman lengkap dengan tong sampah juga disediakan di area lokasi wisata curug Cilember ini.

Rute perjalanan menuju ke masing-masing curug juga relatif aman karena jalan di beberapa rute setapak tersebut telah dipersiapkan oleh pengelola dengan susunan batu-batu yang tertata rapih. Meskipun belum mencakup semua jalan setapak sehingga beberapa jalan masih berupa tanah yang cukup licin. Di sepanjang perjalanan juga akan anda temui papan petunjuk jalan yang akan memberikan arahan jalan dan mempermudah anda melalui rute-rute tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember
Untuk memasuki lokasi wisata alam di curug Cilember ini, anda harus mengeluarkan biaya Rp15.000 per orang. Haga tiket tersebut tidak termasuk dalam tarif masuk di kawasan penangkaran kupu-kupu atau Buterfly Park, jadi anda harus membayar kembali sebesar Rp6.000 saja per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp10.000 dan mobil atau roda empat dikenakan biaya parkir sekitar Rp15.000 sampai dengan 20.000, tergantung dari ukuran mobil tersebut.
Perjalanan Menuju Lokasi wisata Curug Cilember

Curug Cilember merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Bogor yang letaknya berada di jalur yang cukup padat dan sibuk yaitu di kawasan Puncak Bogor.  Maka tak jarang jika anda akan menemui kemacetan di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini. Semakin dekat dengan kawasan wisata ini, maka perjalanan yang akan anda tempuh juga semakin sempit dengan kondisi yang cukup berliku dan terjal. Jika anda pengendara motor maka harus berhati-hati karena banyak terdapat tikungan dengan beberapa lokasi dengan kondisi jalan yang cukup curam.

Kendaraan Pribadi
Hanya terdapat satu jalur menuju ke kawasan Puncak. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menempuh perjalanan melalui jalur tajur dan Ciawi untuk kendaraan bermotor, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil anda dapat melalui jalur toll Jagorawi menuju Puncak. Setelah sampai di simpang Gadog, anda dapat mengambil jalur Puncak sampai di daerah Mega Mendung, setelah itu akan anda temui sebuah tikungan ke arah kiri menuju Desa Cilember. Tikungan itu tidak jauh dari tanda bertuliskan Unilever Learning Center. Setelah kendaraan anda berbelok ke arah kiri, anda akan menempuh jarak sekitar 4 km untuk sampai ke lokasi wisata Curug Cilember.
 
Kendaraan umum
Apabila anda menggunakan transportasi KRL atau Commuter Line, anda dapat mengambil arah menuju stasiun Bojonggede menuju stasiun Bogor dapat dilanjutkan dengan kendaraan angkutan umum kecil bernomor 02 menuju arah Sukasari dan berhenti di jalan Sukasari, tepatnya di pasar Gembrong. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki angkot menuju arah Cisarua sampai di jalan menuju ke arah Curug Cilember. Anda dapat melanjutkan kembali dengan menggunakan jasa ojek karena tidak ada angkutan umum menuju lokasi ini, mengingat rute dan medan jalan yang cukup terjal dan curam. Lagi pula jarak menuju lokasi pintu masuk curug juga tidak terlalu jauh, namun akan sedikit melelahkan jika anda berjalan kaki saja.
Apabila anda mengawali perjalanan melalui Terminal Bojonggede atau Baranangsiang, perjalanan dimulai dengan menaiki angkot sampai di Ciawi dan dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju arah ke Cisarua, kemudian diteruskan dengan menaiki ojek menuju lokasi wisata.
Ada pilihan kendaraan lain dari terminal Baranangsiang, yaitu anda dapat menaiki angkutan L-300 yang menyediakan jalur menuju Sukabumi dan Cianjur. Pilihlah angkutan yang menuju arah Cianjur sampai menemukan tikungan ke arah kiri di sekitar Unilever Learning Center dilanjutkan menaiki ojek menuju lokasi wisata Curug Cilember.

Perjalanan menuju arah lokasi wisata Curug Cilember di kawasan Puncak ini memang tidak mudah, dimulai dari rute menuju lokasi wisatanya hingga saat menuju titik-titik lokasi curug yang berada di ketinggian yang beragam. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi anda, tidak sekedar merasakan tamasya jalan-jalan di lokasi wisata alam semata melainkan melakukan petualangan wisata alam yang menantang dan penuh kejutan.
 
Sebagai saran tambahan, sebaiknya anda tidak sendirian dalam melakukan perjalanan di lokasi wisata ini karena kondisi perjalanan yang cukup curam dan licin. Dan lagi, menikmati wisata alam ini akan semakin asyik jika dilakukan secara kelompok atau minimal 2 atau 3 orang karena pengalaman menarik sangat sayang jika dilewatkan sendirian atau seorang diri saja. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba wisata alam di Curug Cilember ini bersama teman-teman dan keluarga tercinta anda. Happy Vacation, Happy Traveling !!!

Sumber : www.traveloka.com

curug cilember1 curug cilember3 curug cilember2

curug cilember4 curug cilember5 curug cilember6

curug cilember7

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Url :
Masukkan Captcha :
Komentar :
   
Komentar Masuk

belum ada komentar.
Berita Terkini OPD
23 September 2017 13:17:37
78 PESERTA IKUTI MTQ TINGKAT KECAMATAN SUKAJAYA
Sukajaya- Sebanyak 78 Peserta mengikuti MTQ Tingkat Kecamatan Sukajaya yang di gelar di Halaman Kantor…
22 September 2017 10:27:50
Razia Pelajar di Wilayah Kecamatan Parung
Pada tanggal 19 September 2017, para PolPP Kecamatan Parung melakukan kegiatan Razia Pelajar di wilayah…
22 September 2017 10:21:37
Pembinaan Siswa/i YPUI Mengenai Pencegahan Tawuran dan Vandalisme
Pada Tanggal 18 September 2017, bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum telah mengaplikasikan Perda no. 54…
22 September 2017 10:20:01
Gerakan Sholat Shubuh Berjamaah MUI Kecamatan Parung
Pada tanggal 17 September 2017, diadakan Gerakan Sholat Shubuh Berjamaah yang dihadiri oleh Camat Parung,…
22 September 2017 10:08:56
Apel Bersama Persiapan Kerja Bakti / Bersih - Bersih Lingkungan Desa Cogreg
Pada tanggal 12 September 2017, diadakan kegiatan Apel bersama persiapan kerja bakti / bersih -…
Kalender Teman
SEPT
01
Sholat Iedul Adha
Lokasi : Lapangan tegar Beriman
Berita Terkait
20 September 2017 15:00:00
Pemkab Bogor Peringati tahun Baru Islam 1439 Hijriah Lewat Doa Dan Dzikir
Release Diskominfo Kabupaten BogorRabu, 20 September 2017Cibinongpemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memperingati tahun baru islam 1…
20 September 2017 13:56:07
Bupati Bogor Silaturahim Dengan Masyarakat Bojong Gede Lewat Majelis taklim Keliling
Release Diskominfo Kabupaten BogorRabu, 20 September 2017Bojong GedeBupati Bogor Hj. Nurhayanti bersilaturahmi dengan masyarakatnya di…
19 September 2017 16:05:00
Kemarau, Desa Cinagara Tetap Panen Raya
Release Diskominfo Kabupaten BogorSelasa, 19 September 2017CARINGINMeski sudah berbulan-bulan wilayah Kabupaten Bogor dilanda kemarau yang…
19 September 2017 15:56:32
Bogor Wonderful Golf Ke II Tahun 2017 Kembali Sukses,Hantarkan Kab Bogor Terkenal Hingga Mancanegara
Release Diskominfo Kabupaten BogorSelasa, 19 September 2017Babakan MadangBogor Wonderful Golf ke- II Tahun 2017 yang…
19 September 2017 15:49:33
Sekda Kabupaten Bogor Kembali Lantik 24 Pejabat Eselon IV
Release Diskominfo Kabupaten BogorSelasa, 19 September 2017CibinongSekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar, melantik 24 pejabat…
Banner
Video Galeri