10 Juni 2016 10:05:01
Wisata Alam Menyehatkan di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Bogor

tirta_sanita1.jpg

Anda ingin liburan yang menyehatkan? Berendam dalam sumber mata air panas telah terbukti secara medis mempunyai beragam manfaat kesehatan. Namun anda tak perlu repot-repot hingga mendaki puncak atau pegunungan kapur agar bisa merasakan sumber mata air panas langsung. Apalagi hingga bertandang ke negara Jepang yang terkenal dengan tradisi berendam di sumber air panas atau onsen. Anda cukup datang ke taman wisata Tirta Sanita Ciseeng yang berada di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.
 
Plang di dekat gunung batu

Tirta Sanita menjadi salah satu area wisata yang menyediakan fasilitas utama berupa pemandian air panas yang bersumber langsung dari mata air Gunung kapur Ciseeng. Tirta Sanita juga memiliki suasana nyaman dan asri khas pegunungan yang menenangkan. Lokasi obyek wisata ini cukup strategis karena hanya berjarak sekitar 20 km. Selain itu akses jalan yang dilalui cukup mudah, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jalan-jalan utama yang dilewati juga akan melalui beberapa fasilitas penginapan dan hotel yang dapat anda kunjungi saat berlibur ke beberapa lokasi di Kabupaten Bogor.
Sesampainya di lokasi wisata tersebut, anda dapat memarkir kendaraan di area parkir yang cukup luas berada di dekat loket masuk. Loket pembelian tiket masuk tersedia dalam dua jalur, yaitu loket masuk utara dan barat. Loket masuk barat lebih dekat dengan jalan raya.
 
Loket masuk barat

Ada berbagai pilihan fasilitas dan wahana yang dapat anda pilih. Ada pemandian air panas, gedung serba guna, pesanggrahan, camping ground, paint ball, dan berbagai wahana permainan anak lainnya. Khusus untuk permainan paint ball hanya dilayani pada hari minggu saja. Harga tiket masuk untuk Dewasa di hari kerja sebesar Rp12.000 dan Rp15.000 untuk hari libur. Sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp10.000 baik di hari kerja maupun hari libur. Namun untuk setiap permainan, anda harus membayar lagi di loket pembelian tiket untuk permainan yang berada di dalam lokasi wisata.
 
Kereta Mini koleksi Tirta Sanita

Di bagian depan setelah pintu masuk barat, anda akan melihat sebuah kolam yang cukup luas untuk permainan air yang merupakan area bermain anak-anak seperti kereta api mini, bola air, gokart mini, motor cross dan area kolam renang anak. Menuju ke bagian dalam wisata ini akan terlihat sebuah batu besar yang sering disebut gunung kapur berwarna putih yang terbentuk secara alami. Di sekitar gunung kapur tersebut terdapat arena permainan fliying fox dan jembatan yang cukup panjang melintasi sungai di dekat gunung kapur.
 
Permainan Gokart mini di area bermain anak

Ada lokasi yang cukup unik di bagian atas gunung kapur. Pada bagian atas ini terdapat sebuah kolam. Kolam tersebut sebelumnya dapat digunakan pengunjung untuk berendam, namun saat ini hanya dijadikan sebagai tempat penampungan air panas sebelum disalurkan ke ruangan-ruangan pemandian air panas. Lokasi tersebut melalui tangga yang sedikit menanjak jadi harus selalu berhati-hati karena tangga cukup licin dan beberapa telah rusak. Dari atas gunung kapur terlihat pemandangan dari atas berupa keindahan alam dan kawasan lokasi wisata beserta pemandangan yang ada di sekitarnya, ada pegunungan, sawah-sawah, dan pepohonan yang berusia hampir puluhan tahun.
 
Gunung kapur

Ada hal menarik yang dapat anda temukan, yaitu sebelum memasuki ruangan di pavilion teratai, anda harus melewati sebuah jembatan memanjang yang berada di atas danau dengan rute berkelok. Di danau tersebut terdapat tanaman teratai merah yang menghiasi kawasan sungai. Di sekitar tempat pemandian juga terdapat sebuah pondok penginapan mungil bernama pesanggrahan.
 
Kamar Mandi Teratai

Pemandian air panas adalah fasilitas wisata utama di Tirta Sanita yang disediakan di dalam ruang-ruang serupa kamar mandi tertutup.  Ruang tersebut berada di dua pavilion yang terpisah, yaitu teratai dan bougenvile dengan pilihan fasilitas kelas VIP dan biasa. Ruang kamar mandi tersebut hanya dapat digunakan satu orang di setiap ruangannya. Di setiap ruang kamarnya terdapat satu bak mandi yang berwarna putih alami, yang merupakan efek endapan air yang berasal dari gunung kapur.
 
Bak mandi dalam ruang pemandian air panas

Memasuki area selanjutnya di bagian dalam kawasan wisata ini terdapat sebuah bangunan yang berfungsi sebagai gedung serba guna yang berhadapan langsung dengan danau. Anda juga dapat memanfaatkan beberapa area kosong di sekitar taman dengan menggelar tikar untuk berkumpul bersama keluarga, menghabiskan akhir pekan anda. Kemudian di sebelah kiri gedung ini terdapat lokasi atau area permainan anak.
 
Gedung Serba Guna

Fasilitas outbound dan permainan tersedia dengan beberapa pilihan program. Program-program tersebut antara lain tradisional games, high rope games, high rope dewasa, edukasi kreatif, team building, dan kids adventure land. Berbagai permainan tersebut dimainkan secara berkelompok. Sehingga pilihan program permainan ini sering dikunjungi beberapa sekolah di hari kerja sebagai bagian dari kegiatan siswa.
Pada kategori permainan high rope anak, beberapa anak akan melakukan serangkaian aktivitas yang terdiri dari berjalan di atas ban, melewati jembatan tali dan fliying fox. Permainan ini cukup baik untuk melatih kepercayaan diri dan keberanian serta gerak motorik pada anak di usia tumbuh kembang. Permainan ini akan dipandu oleh beberapa orang tour guide yang akan mendampingi dan membantu saat permainan. Permainan menyenangkan bagi anak-anak adalah melewati jembatan tali, dan fliying fox melewati danau. Di dekat lokasi ini juga terdapat fasilitas terapi ikan yang disediakan di dalam kolam-kolam.
 
Jembatan Tali

Sejak awal berdirinya lokasi wisata ini, sumber air panas Tirta Sanita ini telah dilakukan uji klinis oleh TEMAC atau Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd bahwa kandungan airnya mempunyai beragam manfaat kesehatan. Apalagi sumber mata air panas di Tirta Sanita ini mengandung tiga unsur yang penting untuk kesehatan yaitu belerang, kapur dan garam. Maka berendam dalam air yang mengandung sulfur ini dapat mendatangkan manfaat kesehatan. Selain menimbulkan efek relaksasi juga dapat menyembuhkan nyeri dan ketegangan sendi atau otot seperti rematik, menyehatkan dan menyembuhkan penyakit kulit, membuat sirkulasi darah membaik hingga dapat mengatasi masalah pencernaan.
Adapun rute perjalanan menuju Taman wisata Tirta Sanita ini cukup mudah. Jika dari Terminal Bojonggede, maka anda dapat melalui kawasan Billabong kemudian perempatan kayu manis dan Selabenda, kemudian melalui jalan raya Semplak dan menuju arah Gunung Sindur atau Ciseeng. Jika menemukan pertigaan di dekat lokasi perumahan Telaga Kahuripan di sebelah kiri atau Pondok Pesantren Az-Zikra di sebelah kanan anda harus mengambil arah kiri di jalan Mad Nur. Sampai anda melewati perempatan jalan, anda masih harus berjalan lurus sekitar 500 m hingga menemukan sebuah plang di sebelah kanan jalan bertuliskan Taman Wisata Tirta Sanita.
 
Plang di dekat pintu masuk

Jika anda pergi dari arah Jakarta, dapat melewati tol JORR atau Lingkar Luar Pondok Indah dan berakhir di Serpong, setelah itu menuju Puspitek, Pasar Prungpung dan sampai tiba di perempatan jalan, anda harus belok kanan untuk menuju lokasi. Jika melalui jalan non tol, akses jalan juga cukup mudah, yaitu melalui rute Lebak Bulus kemudian menuju arah Parung melalui pasar Prungpung dan sampai di Ciseeng. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 19.00 WIB.
 
Palem Raja di dekat Pintu Masuk Utara

Pintu keluar bisa melalui jalan pintu masuk barat atau bisa juga melalui pintu masuk utara yang terdapat tanaman palem raja yang berjajar rapih. Akses menuju lokasi ini memang cukup mudah, namun jika anda melakukan beberapa kunjungan di beberapa obyek wisata anda dapat melakukan booking hotel dan penginapan terdekat dengan pilihan harga variatif yang mengutamakan fasilitas kenyamanan istirahat anda. Lokasi wisata ini sangat cocok untuk anda dan keluarga menghabiskan waktu weekend karena dapat melakukan serangkaian aktivitas menyenangkan sekaligus menyehatkan badan.

Sumber : Traveloka
 

tirta sanita10 tirta sanita11 tirta sanita2

tirta sanita3 tirta sanita4 tirta sanita5

tirta sanita6 tirta sanita7 tirta sanita8

tirta sanita9

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Url :
Masukkan Captcha :
Komentar :
   
Komentar Masuk

belum ada komentar.
Berita Terkini OPD
20 Juli 2017 15:13:59
Kabupaten Bogor Kekurangan Ribuan Guru SD
CIBINONG – Tak hanya kekurangan tenaga guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), ternyata Kabupaten Bogor juga…
20 Juli 2017 14:29:33
Sosialisasi Rencana Detail Tata Ruang di Kecamatan Parung
Pada hari kamis,  20 juli 2017 diadakan sosialisasi RDTR di aula kantor Kecamatan Parung, yg…
20 Juli 2017 14:24:52
Pembinaan&monitoring; di Desa Pamegarsari serta pengecekan infrastruktur
Pada hari kamis, 20 juli 2017 diadakan pembinaan dan monitoring penggunaan dana ADD, DD dan…
20 Juli 2017 12:21:59
Safari perizinan dari DPMTSP Kab. Bogor
Safari perizinan yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Parung meliputi pelayanan SIUP (surat izin usaha perdagangan)…
20 Juli 2017 12:09:58
Latihan paskibra untuk persiapan HUT RI
Latihan paskibra ini dijadwalkan seminggu 2 kali karena untuk lebih kompak&mempererat antar anggota 
Kalender Teman
JULI
19
MTQ Tingkat Kecamatan Tenjo Tahun 2017
Lokasi : Halaman Kantor Kecamatan Tenjo
JULI
17
Apel Kesadaran Nasional 17 Juli 2017
Lokasi : Halaman Kantor Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor
Berita Terkait
21 Juli 2017 14:07:59
Sekda Lepas Tim Bapor KORPRI Tryout ke Batam
Release Diskominfo Kabupaten BogorJumat, 21 Juli 2017CibinongSemakin dekatnya pelaksanaan Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) ke…
20 Juli 2017 11:00:00
Pemkab Bogor Siap Raih Anugerah Iptek 2017 Kategori Budhipraja
Release Diskominfo Kabupaten BogorKamis, 20 Juli 2017JakartaPemerintah Kabupaten Bogor, masuk dalam 5 (lima) besar pada…
20 Juli 2017 09:58:30
NARASI TUNGGAL
HARI KEPENDUDUKAN DUNIA 2017: MASA DEPAN DEMOGRAFI INDONESIA DAN KESEIMBANGAN PERTUMBUHAN PENDUDUK Jakarta (11/7) –…
19 Juli 2017 15:48:57
Pemkab Bogor Bina Puluhan KIM CARINGIN Guna Wujudkan Masyarakat Caringin Cerdas Manfaatkan Teknologi
Release Diskominfo Kabupaten BogorRabu, 19 Juli 2017CARINGINSeiring pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI), masyarakat dituntut untuk…
18 Juli 2017 15:25:00
Kabupaten Bogor Harus Terlindungi Dari Penyakit Campak dan Rubella
Release Diskomimfo Kabupaten BogorSelasa, 18 Juli 2017CibinongSekretaris Daerah Kabupaten Bogor menegaskan agar kampanye campak/measles dan…
Banner
Video Galeri