10 Juni 2016 09:43:01
Menikmati Keindahan dan Keseruan Taman Safari Indonesia di Cisarua Bogor

tamansafari1.jpg

Berwisata bersama keluarga menjadi salah satu agenda yang perlu anda siapkan. Terlebih jika bersama dengan keluarga besar anda. Berwisata ke Taman Safari Cisarua Bogor bisa menjadi pilihan menarik untuk mengisi waktu liburan sekolah putra-putri anda. Taman Safari Cisarua yang berada di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor ini merupakan satu dari tiga Taman Safari yang ada di Indonesia. Sedangkan dua taman Safari yang lain berada di wilayah Tretes Jawa Timur dan pulau Bali.
 
Ada banyak hal menarik yang dapat anda nikmati di wahana Taman Safari ini. Di lokasi Taman Safari Cisarua ini dapat ditemukan beragam spesies satwa yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri yang berjumlah sekitar 2500 dari berbagai jenis atau spesies. Satwa-satwa tersebut berada di sekitar lokasi Taman dengan bebas. Mereka dibiarkan hidup di lingkungan yang sesuai dengan habitat aslinya. Di Taman wisata ini juga terdapat beberapa spesies satwa yang jumlahnya sudah cukup langka seperti Jerapah, Harimau Benggala, Komodo, Anoa, Gajah dan sebagainya.  
 
Interaksi dengan berbagai Binatang
Menyaksikan berbagai binatang secara langsung dengan jarak cukup dekat menjadi pengalaman tersendiri untuk anda, terlebih bagi putra-putri anda. Mereka dapat belajar mengenal lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis satwa atau binatang yang ada di taman ini dari dalam mobil atau bus yang telah disediakan oleh pihak Pengelola. Interaksi dapat dilakukan dengan memberi makan satwa melalui jendela mobil anda dengan berbagai macam sayur yang dapat anda siapkan sebelum memasuki kawasan ini.      
 
Di kawasan Taman Safari ini ada banyak tanaman dan rumput hijau yang menyejukkan mata dan pandangan anda. Sekelompok Zebra adalah hewan pertama yang akan anda temui saat memasuki pintu masuk taman safari. Terdapat cukup banyak zebra yang akan menghampiri mobil anda saat melintas. Meskipun mereka tidak takut untuk mendekati jendela mobil anda, hewan tersebut juga tidak terlalu berbahaya dan tidak menyerang asalkan perlakuan kita terhadap hewan tersebut masih wajar. Namun demikian anda harus tetap waspada dan hati-hati.
 
Setelah melewati kawasan zebra, anda akan melintasi gerbang otomatis menuju kawasan binatang buas seperti Singa, Beruang, macan Tutul dan Harimau. Meskipun hewan-hewan buas ini telah terbiasa melihat kehadiran manusia, namun kita tetap harus waspada dan menjaga jarak dengan mereka.

Pertunjukan Satwa
Selain berkeliling melihat berbagai satwa dan berinteraksi dengan mereka, anda juga dapat menikmati atraksi hewan yang lucu dan menggemaskan melalui atraksi pertunjukan yang dikenal dengan show theater action serta berbagai permainan menarik laninnya. Aksi teatrikal para satwa penghuni Taman Safari ini terbagi dalam sembilan pertunjukan. Beberapa diantaranya adalah Dolphin Show yang merupakan pertunjukan hewan lumba-lumba, Cowboy Show atau (Wild-wild Show), atraksi burung Pemangsa, pertunjukan gajah melukis dan dan satwa-satwa lainnya.
 
Semua pertunjukan satwa yang ada di taman ini mempunyai tema pelestarian lingkungan. Dan cerita yang dikemas pada setiap pertunjukan berisi mengenai pengetahuan bagaimana menjaga lingkungan dan alam sekitar dan menghindari perusakan lingkungan dan perburuan satwa secara liar. Pada akhir sesi pertunjukan, anda dapat berfoto bersama dengan satwa-satwa yang yang telah melakukan pertunjukan tadi. Untuk berfoto anda akan dikenakan biaya tambahan antara Rp10.000 sampai dengan Rp 25.000.

Berbagai Wahana Permainan
Ada sedikitnya 17 macam permainan atau wahana yang dapat anda nikmati. Permainan tersebut antara lain: sepeda air, sepeda layang, bom-bom car, kincir raksasa, spinning boat,  gajah terbang, mandi bola, angsa terbang, kereta baby Zoo, rumah hantu dan berbagai permainan menarik lainnya. Selain itu juga terdapat gajah lengkap dengan seorang pawang yang selalu siap mendampingi dan membawa anda berkeliling lokasi wisata menyusuri jalan setapak di sekitar sungai dan kawasan hutan tropis. Di areal lokasi wisata ini juga sudah terdapat petunjuk yang cukup lengkap dari arah jalan raya hingga memasuki lokasi Taman Safari. Jadi anda tidak perlu khawatir akan tersesat di area wisata. Anda juga dapat menggunakan skylift atau kereta gantung untuk melihat keseluruhan area Taman Safari dari ketinggian.
 
Area baby zoo merupakan wahana yang cukup digemari para pengunjung. Di area ini terdapat kuda poni yang dapat dinaiki oleh putra-putri anda.  Baby Zoo sendiri merupakan salah satu lokasi yang didalamnya terdapat beberapa anak dari binatang-binatang yang ada di Taman Safari ini.
Di dalam lokasi baby zoo tersebut, akan anda temui Harimau putih yang cukup jinak dan masih berusia anak-anak. Anda dan keluarga juga dapat mencoba tantangan baru dengan mengabadikan momen kebersamaan bersama hewan buas yang sudah cukup langka ini. Selain bayi harimau putih juga terdapat bayi Singa, bayi Harimau Sumatera, Bayi Orang Utan dan masih banyak bayi hewan lainnya. Anda tidak perlu ragu dan khawatir karena segala aktivitas yang dilakukan di area lokasi ini dibantu oleh beberapa pawang binatang. Aneka spesies burung dan beberapa ekor Kanguru juga dapat anda temukan di area sekitar Baby Zoo.

Tracking dan Outbond
Taman Safari di Cisarua ini juga menyediakan jalur khusus bagi para pejalan kaki menyusuri kawasan Taman Safari untuk melihat aktivitas hewan di dalamnya. Kegiatan tracking atau outbond ini juga dikenal dengan istilah Safari Trek. Adapun rute Safari trek ini terbagi dalam beberapa paket yang menyediakan jalur tempuh mulai dari 3 sampai dengan 9 km. Jalur trek ini akan melalui rute yang cukup menantang, melewati sungai, air terjun sekaligus anda dapat mencoba permainan seperti flying fox dan Rope Climbing. Dalam perjalanan melalui jalur trek ini, anda akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan membantu anda selama kegiatan berlangsung.
Seluruh rangkaian kegiatan yang meliputi interaksi dengan binatang, pertunjukan satwa dan menikmati aneka wahana permainan serta tracking dan outbond ini termasuk dalam kegiatan safari siang. Adapun hal unik yang dapat anda lakukan di Taman Safari ini yaitu Safari malam dengan beragam fasilitas menarik di lokasi wisata ini.

Safari Night
Safari night menyediakan pilihan berwisata di malam hari untuk menyusuri kawasan Taman Safari dan mengamati aktivitas berbagai macam hewan dengan menggunakan kereta api mini yang telah disediakan oleh Pengelola. Kegiatan safari night ini hanya dibuka setiap akhir pekan dimulai sejak pukul 19.00 WIB. Serangkaian kegiatan seperti atraksi pertunjukan permainan api juga diadakan di taman Safari ini.
 
Safari Waterpark
Safari waterpark menyediakan fasilitas berupa kolam renang yang cukup luas.  Kolam berenang ini juga dilengkapi dengan beragam permainan di sekitarnya seperti jalur seluncur yang cukup menantang.
Ketika anda merasa lapar dan tidak membawa bekal dari rumah, anda dapat menikmati santap siang atau malam anda di beberapa lokasi rumah makan yang disediakan pengelola. Lokasi rumah makan telah tersedia di dalam kawasan wisata ini. Namun jika anda ingin mencoba di luar kawasan ini, anda dapat menuju beberapa tempat makan di sekitar kawasan puncak, dan sekitar Kabupaten Bogor.
 
Lokasi wisata ini juga menyediakan toilet bersih yang terletak di banyak titik utama lokasi wisata. Selain itu lahan parkir yang cukup luas yang dapat menampung puluhan kendaran ini akan mempermudah anda saat membawa kendaraan pribadi menuju lokasi wisata. Anda juga tidak perlu khawatir jika memutuskan untuk bermalam dan menginap di sekitar lokasi wisata Taman Safari ini. Baik di kawasan Taman Safari yaitu di sekitar jalan menuju pintu masuk Taman maupun di sekitar lokasi wisata terdapat cukup banyak penginapan berupa villa dan hotel. Beragam hotel dan penginapan tersebut tersedia dalam berbagai pilihan fasilitas dan harga. Anda dapat memilih sesuai dengan budget menginap anda. Namun sebaiknya anda melakukan pemesanan sebelumnya melalui situs booking hotel seperti Traveloka agar mendapatkan kamar dan harga terbaik!

Akses menuju lokasi wisata
Taman Safari berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Lokasi ini dikenal dengan kawasan Puncak. Taman Safari Cisarua ini berada sebelum Puncak Pass dari Gunung Pangrango. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, anda dapat menempuh jalur melalui Tol Jagorawi kemudian menuju Ciawi dan dilanjutkan menuju arah puncak melalui Cisarua Bogor.  Saat sampai di jalan Raya Puncak, arahkan kendaraan anda menuju arah kanan menuju jalan masuk Taman Safari.
 
Apabila anda mengendarai bus umum dari arah Jakarta, anda dapat menaiki bus jurusan Jakarta-Bandung dari arah Terminal Rambutan. Anda harus berhenti saat melalui pertigaan Taman Safari di kawasan Puncak Bogor. Atau jika anda mulai dari terminal Bojonggede dapat mengambil arah menuju Cisarua. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek atau angkot sampai di kawasan pintu masuk Taman Safari.
Jika anda menggunakan KRL atau Commuter Line dari arah Jakarta, atau dari stasiun Bojonggede menuju stasiun Bogor dan dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju kawasan Puncak di Cisarua, Bogor kemudian berbelok ke arah kiri menuju pintu masuk Taman Safari.

Harga tiket masuk
Harga tiket masuk di hari Senin sampai Jumat untuk wisatawan lokal adalah Rp150.000 untuk pengunjung dewasa, sedangkan untuk anak-anak sampai usia 5 tahun dikenakan biaya tiket sebesar Rp140.000. Biaya tiket tersebut tidak berlaku sama pada wisatawan internasional, biaya yang dikenakan pada mereka dua kali lipat dari harga wisatawan lokal. Sedangkan untuk biaya parkir dikenakan biaya yang sama pada setiap pengunjung yaitu sebesar Rp5.000 untuk kendaraan motor dan untuk kendaraan roda empat berupa mobil atau bus akan dikenakan biaya antara Rp15.000 sampai dengan 20.000.

Tiket tersebut merupakan harga tiket terusan. Tiket ini dapat anda gunakan untuk berkeliling melihat berbagai satwa dan juga menikmati wahana permainan yang ada di Taman Safari ini. Saat anda membeli tiket, anda akan mendapatkan peta yang berisi tentang beebrapa titik lokasi wisata, berbagai macam satwa yang akan anda temui, jadwal pertunjukan satwa, dan rute yang ada di lokasi Taman Safari ini. Taman Safari ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB, dan pada akhir pekan dapat melebihi pukul 19.00 WIB.

sumber : Traveloka

tamansafari2  tamansafari5

tamansafari3 tamansafari6

tamansafari4

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Url :
Masukkan Captcha :
Komentar :
   
Komentar Masuk

belum ada komentar.
Berita Terkini OPD
20 Juli 2017 15:13:59
Kabupaten Bogor Kekurangan Ribuan Guru SD
CIBINONG – Tak hanya kekurangan tenaga guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), ternyata Kabupaten Bogor juga…
20 Juli 2017 14:29:33
Sosialisasi Rencana Detail Tata Ruang di Kecamatan Parung
Pada hari kamis,  20 juli 2017 diadakan sosialisasi RDTR di aula kantor Kecamatan Parung, yg…
20 Juli 2017 14:24:52
Pembinaan&monitoring; di Desa Pamegarsari serta pengecekan infrastruktur
Pada hari kamis, 20 juli 2017 diadakan pembinaan dan monitoring penggunaan dana ADD, DD dan…
20 Juli 2017 12:21:59
Safari perizinan dari DPMTSP Kab. Bogor
Safari perizinan yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Parung meliputi pelayanan SIUP (surat izin usaha perdagangan)…
20 Juli 2017 12:09:58
Latihan paskibra untuk persiapan HUT RI
Latihan paskibra ini dijadwalkan seminggu 2 kali karena untuk lebih kompak&mempererat antar anggota 
Kalender Teman
JULI
19
MTQ Tingkat Kecamatan Tenjo Tahun 2017
Lokasi : Halaman Kantor Kecamatan Tenjo
JULI
17
Apel Kesadaran Nasional 17 Juli 2017
Lokasi : Halaman Kantor Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor
Berita Terkait
21 Juli 2017 14:07:59
Sekda Lepas Tim Bapor KORPRI Tryout ke Batam
Release Diskominfo Kabupaten BogorJumat, 21 Juli 2017CibinongSemakin dekatnya pelaksanaan Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) ke…
20 Juli 2017 11:00:00
Pemkab Bogor Siap Raih Anugerah Iptek 2017 Kategori Budhipraja
Release Diskominfo Kabupaten BogorKamis, 20 Juli 2017JakartaPemerintah Kabupaten Bogor, masuk dalam 5 (lima) besar pada…
20 Juli 2017 09:58:30
NARASI TUNGGAL
HARI KEPENDUDUKAN DUNIA 2017: MASA DEPAN DEMOGRAFI INDONESIA DAN KESEIMBANGAN PERTUMBUHAN PENDUDUK Jakarta (11/7) –…
19 Juli 2017 15:48:57
Pemkab Bogor Bina Puluhan KIM CARINGIN Guna Wujudkan Masyarakat Caringin Cerdas Manfaatkan Teknologi
Release Diskominfo Kabupaten BogorRabu, 19 Juli 2017CARINGINSeiring pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI), masyarakat dituntut untuk…
18 Juli 2017 15:25:00
Kabupaten Bogor Harus Terlindungi Dari Penyakit Campak dan Rubella
Release Diskomimfo Kabupaten BogorSelasa, 18 Juli 2017CibinongSekretaris Daerah Kabupaten Bogor menegaskan agar kampanye campak/measles dan…
Banner
Video Galeri