21 Oktober 2015 11:37:19
Pemdes Malasari Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Bumdes Desa Wisata

KAB.BOGOR - Desa Malasari adalah salah satu Desa di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang terletak diantara berbatasan Sebelah Utara dengan Desa Cisarua dan Curug Bitung, Sebelah Timur Berbatasan dengan Desa Bantar Karet, Sebelah Selatan Berbatasan dengan Desa Cipeuteuy Kec Kabandungan Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Banten, Sebelah Barat Berbatasan dengan Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya, dengan luas wilayah 8.262,22 Ha, dengan jumlah penduduk  8.417 dari 2314 kepala keluarga, 4 (Empat) kepala dusun yang terbagi 12 RT dan 49 RW yang mayoritas sebagai para petani.

 

Dalam bidang pelayanan kesehatan, di Desa Malasari terdapat 17 Posyadu dan 2 (dua) Puskesmas Pembantu (Pustu), sebagai perpanjangan tugas Puskesmas Nanggung. Salah satunya Pustu Malasari yang berlokasi di Kp. Malasari Desa Malasari Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor yang baru selesai di rehab pada bulan September dengan menelan anggaran sebesar Rp 322.404.000, oleh CV. DILLA PRATAMA dengan melibatkan tenaga kerja lokal dalam pelaksanaannya.

 

Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan sederhana dan berfungsi menunjang perluasan jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. Meskipun belum dilengkapi fasilitas yang memadai, kegiatan di Pustu harus tetap berjalan dengan kerja kolektif layanan kesehatan di Puskesmas Pembantu Malasari ditunjukkan melalui kerja keras Bidan Desa, TP PKK dan Kader Posyandu Desa Malasari.

 

Selain itu, di sektor pendidikan, Desa Malasari hingga saat ini memiliki 6 (Enam) gedung Sekolah Dasar (SD) diantaranya, SDN Malasari I hingga SDN Malasari V dan SDN Pabangbon. Sedangkan untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) ada 5 (Lima) SLTP/ SMP terbuka, yakni dengan memanfaatkan gedung sekolah dasar. "Usai kegiatan belajar mengajar bagi siswa SD, barulah gedung tersebut dipergunakan untuk mengajar para siswa SLTP," jelas Sekdes.

 

Upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Malasari bekerjasama dengan CV Pesona Malasari, Perhutani, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNHGS) dan masyarakat setempat yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk memanfaatkan potensi dan sumber daya yang banyak dimiliki diwilayah tersebut diantaranya, Sumberdaya alam, dengan membuat salah satu konsep yakni Desa Wisata Malasari (DWM) yang sudah berjalan bahkan sudah mendapatkan Surat Keputusan Kepala Desa dengan Nomor 144/14SK.Kades/2015 dan telah menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang di namakan "BUMDES Sauyunan" dengan SK Nomor. 141/04/KPTS/2015.

 

"Pembangunan kepariwisataan Desa Wisata Malasari bertujuan melestarikan kondisi lingkungan yang memacu terjadinya pertumbuhan ekonomi lokal dalam bentuk pariwisata yang ramah, sehingga dapat menjadi stimulator bagi sektor lain seperti industri kreatif dan usaha kecil menengah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata dengan berpijak pada prinsip-prinsip Community Based Tourism (CBT)". Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Desa Sukandar saat 87 Online News Berkunjung ke lokasi usai melakukan diskusi dan dialog bersama para pihak dari perwakilan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang ada di desa Malasari, aparatur Pemerintahan Desa, pengurus Desa Wisata Malasari (DWM) dalam rangka pengembangan wisata berbasis masyarakat, Sabtu (03/10/2015) di Kp. Ciwalen yang akan dijadikan salah satu objek wisata yang sedang dikembangkan.

 

 

Lebih lanjut Sukandar menambahkan, Pembangunan kepariwisataan Desa Wisata Malasari juga dilakukan dengan semangat partisipatif. Masyarakat secara langsung dilibatkan untuk merencanakan, mengkoordinasikan, mengontrol, melaksanakan dan mengelola pariwisata sebagai wujud keseriusan dan kesiapan masyarakat dan pemerintah Desa Malasari untuk mendukung keberhasilan pengembangan wisata di Desa Wisata Malasari.

 

"Kita harus berpikir bersama-sama bagaimana sumberdaya yang ada di desa kita bermanfaat bagi masyarakat. Malasari mempunyai konsep untuk perencanaan jangka panjang yang mana telah dituangkan dalam RPJMDes salah satunya kita akan mengembangkan ekowisata sesuai dengan situasi, kondisi dan potensi yang ada,” Pungkas Kang Kandar, sapaan akrabnya.

 

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Url :
Masukkan Captcha :
Komentar :
   
Komentar Masuk

belum ada komentar.
Berita Terkini OPD
18 Januari 2019 09:41:48
WABUP KUNJUNGI DINAS PENDIDIKAN
CIBINONG - Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan pimpin apel pagi di lingkungan Dinas Pendidikan, Kamis…
18 Januari 2019 09:33:48
TINGKAT RRLS DAERAH BERSAMA KOMUNITAS K.B.M
CIBINONG – Mengemban visi misi memajukan kualitas serta meningkatkan angka Rerata Lama Sekolah (RLS) daerah.…
18 Januari 2019 09:20:26
JADIKAN SKB INDUK PELAYANAN KESETARAAN JARAK JAUH
CIBINONG – Adanya program kerjasama dengan Komunitas Kabupaten Bogor Mengajar (KBM). Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten…
18 Januari 2019 09:17:17
LOMBA SEKOLAH SEHAT 2019 SIAP DITABUH
CIBINONG – Sebanyak ratusan sekolah perwakilan lintas jenjang dari 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor. Mulai bersiap…
18 Januari 2019 09:14:26
DISDIK GELAR SOSIALISASI TEKNIS UNBK DI 23 RAYON
PARUNG – Demi kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputerisasi (UNBK) jenjang SMP April nanti. Dinas…
Kalender Teman
JAN
30
Forum RKPD (Musrenbang)
Lokasi : GOM Parungpanjang
DES
28
Pelantikan Anggota BPD
Lokasi : GOM Parungpanjang
Berita Terkait
24 April 2014 15:38:00
Pegawai Diskominfo Kabupaten Bogor Diberi Siraman Rohani
Pengajian rutin Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo)Kabupaten Bogor yang digagas oleh Kadiskominfo , H. Wawan…
23 April 2014 15:41:54
Rawan Bencana, BPBD Kabupaten Bogor Adakan Rapat RPBD
Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah rawan bencana di Jawa Barat maupun di Indonesia, baik…
21 April 2014 16:05:28
RSUD Cileungsi Terus Optimalkan Pelayanan
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cileungsi, Hesty Iswandari, memaparkan RSUD Cileungsi terus meningkatkan mutu…
20 April 2014 16:06:52
Satpol- PP Kab Bogor Terus Gecarkan Hapus Penyakit Masyarakat
Dalam rangka membasmi penyakit yang ada di Kabupaten Bogor, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) bersama…
25 April 2014 16:08:11
BPPKB Gelar Pelatihan Pencegahan Penanganan Trafficking
Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bogor, menggelar Pelatihan Pencegahan, Penanganan dan Perlindungan…
Banner
Video Galeri